Breaking News
Tulis & Tekan Enter
Logo

Deskripsi Prodi

Sastra Inggris merupakan salah satu cabang ilmu humaniora. Program studi ini tidak hanya berfokus pada Kesusastraan saja, melainkan juga pada beberapa bidang lain seperti Sastra, Bahasa, Ilmu Linguistik, Ilmu Penerjemahan, dan tentunya Sejarah serta Budaya. Kelima bidang tersebut merupakan pilar inti yang dipelajari pada program studi ini. Selain itu dilakukan pula pemutakhiran kurikulum seiring dengan berkembangnya bidang ilmu yang dipelajari. Hal ini disesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan zaman agar lulusan dapat cepat terserap di dunia kerja.

Proses pembelajaran pada Program Studi Sastra Inggris telah berkembang seiring zaman yang serba digital. Hal ini dimaksudkan, pada proses belajar mengajar, dosen telah menerapkan up to date method. Proses pembelajaran lantas dipadukan dengan teknologi seperti penggunaan LMS (Learning Management System) dan beberapa aplikasi yang dapat menunjang pada mata kuliah skill atau mata kuliah keahlian seperti speaking, listening, writing, reading, translation, dan interpreting. Sama dengan mata kuliah teoritis seperti Drama dan Prosa, kedua mata kuliah ini mewajibkan peserta untuk menghasilkan suatu produk. Pada kelas Drama misalnya, mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan pentas drama berdasarkan naskah buatan ataupun naskah saduran mereka. Pada kelas Prosa, diwajibkan untuk menghasilkan artikel ilmiah yang dapat dimuat pada prosiding, book chapter, jurnal, ataupun makalah. Selain itu, pada mata kuliah Writing, mahasiswa juga dituntun untuk mampu menghasilkan karya tulis seperti proposal PkM yang diadakan setiap tahunnya.

Prodi Sastra Inggris memiliki fokus kajian penulisan tugas akhir pada dua kompetensi, yaitu dalam bidang kesusastraan dan linguistik. Meski demikian, objek kajian tidak hanya meliputi karya sastra, tapi juga hal lain seperti film, mitologi, bahasa-bahasa pada media sosial, dan lain sebagainya. Perjalanan Sastra Inggris sebagai sebuah program studi pun memiliki beberapa tujuan berikut.

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai pengetahuan dasar ilmiah serta metodologi bidang keahlian kesusatraan dan kebahasaan, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam kawasan keahliannya.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan terhadap keterampilan berbahasa Inggris secara utuh dan lengkap yang meliputi kemampuan berbicara (speaking), menulis (writing), membaca (reading), dan mendengar (listening) yang berkualitas tinggi, serta mampu menguasai segala aspek dalam bidang kesusastraan Inggris dan memiliki kemampuan struktur bahasa (Grammar/Structure) dalam bidang penerjemahan (Translation dan Interpreting).
  3. Menghasilkan lulusan yang berahlak, berkarakter entrepreneurship, kompetitif, profesional, dan berwawasan global untuk dapat bersaing dalam dunia kerja di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan kemampuan membuka usaha sendiri (self-employed) yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengetahuan, dan kompetensi yang dimiliki.
  5. Memiliki lulusan dengan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi.
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki budaya meneliti yang tanggap dalam mengkaji fenomena di dunia praktik, terkait dengan ilmu sastra dan bahasa Inggris.
  7. Menghasilkan lulusan yang melahirkan karya-karya dan penelitian sastra dan bahasa Inggris yang aplikatif.

Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi dalam bidang keahliannya pada setiap kegiatan positif dan pelayanan kepada masyarakat.