Breaking News
Tulis & Tekan Enter
Logo

Sekapur Sirih

Semakin majunya teknologi memunculkan pula tantangan baru. Bagi disiplin ilmu humaniora seperti Pogram Studi Sastra Inggris, adaptasi sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini guna menghasilkan lulusan yang tetap mampu bersaing dalam dunia usaha dan industri. Oleh karenanya, kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi menjadi acuan agar mahasiswa dapat diajarkan menghadapi tantangan yang akan mereka hadapi nantianya. Selain itu, hal tersebut juga dapat menjadi cara bagi mereka menyelesaikan masalah dan memanfaatkan peluang pada era digital.

Salah satu bentuk adaptasi yang telah dilakukan oleh Program Studi Sastra Inggris saat ini adalah dengan penyesuaian kurikulum. Mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran ilmu sastra dan bahasa menjadi salah satu kekuatan Prodi Sastra Inggris Universitas Fajar. Sementara dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penyesuaian juga telah dilaksanakan. Beberapa tahun terakhir, topik penelitian yang diangkat oleh dosen dan mahasiswa meliputi pembelajaran sastra daring dan LMS dalam proses belajar isu-isu di bidang kebahasaan lainnya. Pada bidang pengabdian kepada masyarakat, hal yang menjadi topik utama adalah pengajaran dan pengaplikasian teknologi pembelajaran bahasa Inggris kepada masyarakat.

Bentuk perubahan dan adaptasi ini merupakan suatu upaya agar Prodi Sastra Inggris mampu bertahan dan menunjukkan eksistensinya pada era digital ini. Meski demikian, pembelajaran sastra murni tidaklah serta merta dibuang, tetapi direka ulang agar tetap bertahan dan menunjukkan unsur kebaharuannya dalam proses belajar.